11 Efek Buruk Gas CFC untuk Kesehatan Tubuh

Xindivine – Banyak dari Anda yang mungkin belum mengetahui efek jelek gas CFC untuk kesehatan atau bahkan sama sekali tidak mengetahui apa itu gas CFC. CFC juga disebut dengan Freon merupakan gas yang disebut-sebut menjadi penyebab utama perusak lapisan ozon yang ada di Bumi. Gas ini banyak ditemukan pada peralatan rumah tangga menyerupai pendingin ruangan atau AC, pendingin kulkas, cairan pembersih, dan masih banyak lagi.

Jika lapisan ozon di Bumi menipis, kehidupan di Bumi pun akan mengalami beberapa kerusakan. Gas CFC yang merusak ozon juga sanggup memicu pemanasan global sebab tingkat suhu Bumi yang naik dengan drastic. Jika dibiarkan, maka es di kutub akan mencair dan mengakibatkan daratan di Bumi tenggelam.

Sinar ultraviolet dari matahari akan lebih banyak menuju Bumi sebab tidak adanya ozon yang menyaringnya. Jika badan Anda terkena sinar ultraviolet terus-menerus, maka Anda akan dengan gampang mengalami banyak penyakit kulit. Selain itu, badan binatang di Bumi juga akan mengalami penurunan imunitas yang besar.

Berikut ini ada beberapa efek jelek gas CFC untuk kesehatan badan Anda:

1. Sesak nafas

Kemungkinan besar Anda akan mengalami sesak nafas jikalau terlalu sering menghirup gas CFC. Hal ini dikarenakan kandungan gasnya yang sanggup merusak organ paru-paru Anda sehingga pernapasan pun menjadi terganggu.

2. Sakit tenggorokan akut

Selain sesak nafas, Anda bisa terjangkit sakit tenggorokan yang amat parah atau akut. Gas CFC sanggup membuat tenggorokan Anda terasa sakit sampai membuat Anda mengalami batuk yang hebat. Sakit tenggorokan akut pun tidak bisa dihindari.

3. Penglihatan terganggu

Mata Anda juga akan mengalami gangguan kesehatan yang berbahaya. Kandungan gas CFC yang masuk ke dalam mata akan membuat Anda tidak bisa melihat dengan terang sehingga Anda tidak bisa melihat sesuatu dengan baik.

4. Perut terasa nyeri

Efek jelek dari gas CFC juga bisa menyerang perut Anda adalah berupa rasa nyeri yang menyerang adegan lambung. Hal ini bisa diakibatkan oleh asam lambung yang bereaksi terhadapat zat abnormal yang masuk ke dalam badan sehingga menjadikan rasa nyeri.

5. Tenggorokan bengkak

Tidak hanya sakit tenggorokan akut saja, Anda juga bisa mengalami pembengkakan yang parah pada tenggorokan. Pembengkakan ini akan terasa sakit ketika ditekan dan mengganggu aktivitas makan Anda ketika menelan makanan.

6. Rasa terbakar pada hidung, lidah, dan bibir

Bagian hidung, bibir, dan pengecap pun juga ikut terkena efek jelek gas CFC. Ketiga adegan tersebut merupakan adegan badan yang cukup sensitive dengan adanya zat atau kandungan kimia yang melekat pada tubuh. Anda akan mencicipi rasa terbakar yang cukup menyakitkan.

7. Mata terasa panas

Selain bibir, lidah, dan hidung, mata Anda juga akan terasa lebih panas dan pedih. Penglihatan Anda tidak akan hanya berkurang, namun juga mengeluarkan air mata yang cukup banyak sebab efek menahan rasa terbakar tadi.

8. Gejala infeksi pada kerongkongan

Kerongkongan Anda bisa terjangkit tanda-tanda infeksi yang berbahaya jikalau terkena gas CFC. Akibatnya pada badan terutama berdampak pada proses mengonsumsi makanan. Anda akan sulit menelan kuliner yang lewat ke tenggorokan yang sudah terinfeksi.

9. Muntah darah

Gejala yang cukup membahayakan dari gas CFC di badan adalah muntah darah. Muntah darah bisa jadi merupakan tanda-tanda keracunan gas dan materi kimia yang ada di dalam gas. Segeralah mengunjungi dokter jikalau Anda mengalami tanda-tanda ini.

10. Feses mengandung darah

Tidak hanya muntah saja yang mengandung darah, namun juga feses di pencernaan Anda. Hal ini akan membuat kesehatan pencernaan Anda juga terganggu, terutama pada terusan pembuangan dan usus besar.

11. Detak jantung yang tidak normal

Jantung Anda bisa mengalami tanda-tanda detak jantung yang tidak normal, terutama detak jantung yang berjalan dengan lebih cepat. Gejala ini bisa membuat jantung Anda tidak bisa berfungsi dengan baik di dalam tubuh.

Lalu bagaimana mencegah efek jelek gas CFC ini? Pastikan saja Anda tidak memakai perabotan rumah yang sekiranya tidak diperlukan. Anda juga bisa mencegah hilangnya lapisan ozon dengan menanam beberapa tanaman segar di sekitar rumah. Hal ini juga akan membantu Anda dalam membuat rumah yang lebih sehat.